Hidup Selalu Memberikan Sebuah Pilihan

Akan selalu ada hikmah atas setiap kejadian. Meski sekarang sulit kita terima, nanti saat hati kita telah lapang dan sepenuhnya ikhlas akan ketetapan-NYA, kita akan mengerti dari sedih, terdapat kebaikan yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Perihal menjadi seseorang yang sabar, ikhlas dan berusaha untuk menerima. Perihal menjadi tangguh, tak mudah menyerah, dan semakin dewasa. Puncaknya kita semakin lebih percaya pada segala pengaturan-NYA.

Hidup selalu memberikan pilihan. Bila bertahan menyakitkan, megapa berat hati melepaskan? Bila menunggu membuatmu ragu, mengapa teteap di situ dan tak mau berlalu? Karena, hakikatnya hidup terus berjalan. Bertahan bukan berarti berhenti.

Menunggu bukan berarti membantu. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Waktu hanya akan terbuang bila dihabiskan untuk berharap saja. Tak melulu harus menunggu, karena kamu pun bisa menjemput. Juga tak selalu harus bertahan, karena kamu mampu mengambil keputusan.

Hidup selalu memberi pilihan. Suka duka, sedih bahagia, tawa, dan air mata selalu bisa kita pilih. Terus membiarkan air mata mu berlinang atau menyekanya dan berusaha tenang? Terus merasa terluka atau bergerak lalu berusaha bahagia? Kamu pastinya tahu mana yang terbaik dari kedua pilihan itu.

“Hidup ada di tangan mu. Allah sudah benar mengatur, tetapi kamu harus tetap harus berusaha melakukan perubahan.”

Hidup memang tak hanya tentang bahagia, adakalanya kita perlu luka agar kita lebih menghargai bahagia itu, perlu perjuangan untuk menghargai hasil, dan perlu lapangnya dada dalam menerima hal-hal yang tak sesuai dengan apa yang kita minta. Selalu ada pilihan bagi mereka bagi mereka yang masih memiliki harapan. Karena hidup akan terus bergerak, memilih malas akan tertindas, lambat tertinggal, sementara bila berhenti, mati. Ikutilah arus waktu dengan bergerak maju dan tak perlu berlarut pada yang lalu. Hidup adalah perjalanan maka pilihlah untuk terus berjalan hingga sampai pada tujuan, jangan pernah berhenti untuk melangkah maju. Bila kita belum bertemu dengan muara yang kita tuju.

Setiap kita pasti diberikan pilihan. Maka, pilihlah yang baik untukmu dan bertanggung jawablah atas pilihan yang kamu ambil, karena setiap pilihan nantinya akan di pertanggungjawabkan. Hidup merupakan kumpulan tindakan. Maka, bertindaklah dengan baik dan bijak. Berikan sebuah makna dalam setiap jengkal yang kamu pilih, karena pada akhirnya setiap pilihan akan menentukan bagaimana akhir dari sebuah kehidupan. (Husna Ningrum)

Tinggalkan Komentar