Grand Opening Pembinaan UKM ASC Tahun 2022

Pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, dalam rangka mengenalkan pembinaan-pembinaan yang ada, UKM Al-Qur’an Study Club Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Grand Opening (GO) dengan tema Muslim the Explorer: Spirit Qur’ani guna Mewujudkan Nilai-nilai Islami”. Kegiatan ini merupakan pintu gerbang bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang dan masyarakat umum yang ingin mengetahui pembinaan apa saja yang ada di dalam UKM Al-Qur’an Study Club. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa Universitas Negeri Malang dan masyarakat umum memiliki gambaran terkait pembinaan yang ingin diikuti sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club  2022 dilksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube pada hari Ahad, 20 Februari 2022 yang diikuti oleh 203 peserta baik mahasiswa Universitas Negeri Malang maupun masyarakat umum. Kegiatan Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club  2022 merupakan pengenalan pembinaan yang dimiliki oleh UKM Al-Qur’an Study Club . Kegiatan ini berisi pemberian materi oleh Ustadzah Tsania Nur Diyana, S.Pd., M.Pd. yang dikemas menjadi inspiring talkshow, dan sharing session bersama kepala bidang (kabid) dan sekretaris bidang (sekbid) setiap bidang pembinaan di dalam breakout room Zoom Meeting. Terselenggaranya Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club  2022 sebagai forum pengenalan dan diskusi ke-al-Qur’an-an  untuk menumbuhkan dan mendukung kecintaan terhadap al-Qur’an pada mahasiswa Universitas Negeri Malang dan masyarakat umum.

“Saat mengikuti lomba di Sumatera Barat itu, saya hanya mengerjakan makalahnya dalam waktu kurang lebih 5 jam, banyak peserta yang menilai adanya kecurangan, karena dengan waktu yang singkat saya bisa mendapat nilai tertinggi, namun saya membuktikannya saat sesi presentasi bahwa yang saya dapatkan murni tanpa adanya kecurangan, dan tetap bertahan di posisi pertama” tutur Ustadzah Tsania dalam sesi inspiring talkshow. Pengalaman tersebut menjadi pecut yang cukup ampuh bagi para peserta untuk terus semangat dalam belajar dan mensyiarkan al-Qur’an. “Semua itu tidak luput dari bagaimana kedekatan kita dengan Allah, restu orang tua dan restu guru atau Pembina kita” lanjut ucap Ustadzah Tsania seolah mengingatkan kita bahwa hasil dan kejayaan apa pun yang kita dapatkan tidak luput dari campur tangan Allah dan restu orang tua serta guru atau Pembina.

Kegiatan Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club  2022 dapat berjalan secara khidmat walaupun dilaksanakan secara daring. Kegiatan yang diselenggarakan seusai sholat dzuhur ini dikemas secara santai namun peserta tetap dapat mengambil pelajaran-pelajaran yang ada. Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club  2022 ini diawali dengan pendaftaran para peserta yang dibuka mulai tanggal 17 Februari 2022 dan tanpa dipungut biaya. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam dimulai dengan pembacaan do’a khotmil Qur’an pada pukul 12.20 WIB yang dipimpin oleh saudara Vicky Galih Dewangga selaku ketua umum UKM Al-Qur’an Study Club dan diakhiri dengan penutupan pada pukul 15.15 WIB.

Kegiatan Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club  2022 juga menjadi sarana untuk mencetak generasi muslim yang memiliki spirit Qur’ani guna mewujudkan nilai-nilai islami baik di Universitas Negeri Malang ataupun di kalangan masyarakat. Segenap panitia yang terlibat berharap agar kegiatan ini dapat terus diadakan ke depannya dengan serangkaian acara yang lebih baik lagi. Semoga Allah SWT meridhoi langkah kecil kita untuk membumikan al-Qur’an di kampus dan negara tercinta ini. Aamiin.

Pewarta: Kholifah Istiqomah

Tinggalkan Komentar