Grand Opening Pembinaan UKM ASC “Menyongsong Generasi Gemilang Bersama Cahaya Al-Qur’an”

Sebagai orang awam, apa yang bisa kita lakukan dengan Al-Qur’an?
Jawabannya singkat: Mengamalkannya..
-Ustadz Ahmad Fuad Efendi-
(Cuplikan pusi Al-Qur’an, Karya Agung Kalam Ilahi)

Malang – Jum’at, 1 Februari 2019 menjadi penanda akan dimulainya pembinaan. Aula Perpustakaan UM Lantai 2 serasa berbeda dari biasanya. Pasalnya, akan dihelat Grand Opening Pembinaan UKM ASC, yang sudah dinanti-nantikan.

Ketika langkah kami terhenti di anak tangga teratas, kan disuguhi ayat-ayat Al-Qur’an yang ditulis dengan indah. Pun di pojok sana, poster pembinaan DAQ berjejer dengan rapi. Teman-teman khudama menyambut dengan hangat, berjabat tangan, dan saling melontar senyum. Aura kealqur’anan semakin terasa saat kami memasuki ruangan.

Tepat pukul 16.00 WIB, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Imro’aturrozaniyah, dan dilengkapi dengan saritilawah oleh Ulya Fitriya. Majelis yang dihadiri sekitar 180 orang, terdiri dari Pembina, Alumni, MK, Khudama’ dan anggota pembinaan UKM ASC turut menggemakan lagu Indonesia Raya dengan khidmat. Ustadz Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I., selaku pembina UKM ASC memberikan sentuhan motivasi yang mampu menyulut semangat kami.

Tanpa berlama-lama lagi, pengenalan Pembinaan UKM ASC dipersembahkan. Pembacaan puisi Al-Qur’an cukup menyorot perhatian para punggawa Qur’ani di ruangan ini. Karya Agung Kalam Ilahi, begitu kami menyebutnya. Pengenalan pembinaan yang dikemas dengan drama sederhana, menyisakan berbagai kesan yang mendalam bagi siapa saja yang menikmatinya. Satu per satu pembinaan memberikan penampilan singkat. Bidang Tilawatil Qur’an dengan nagham Rostnya, Tartilil Qur’an dengan penggalan ayat oleh murottilnya, Tahsinil Qiro’ah, Syarhil Qur’an dengan Kebhinnekaannya, 2 karya sebagai pengenalan Khatthil Qur’an, Buku Divine solutions sebagai pembuka Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Desain Aplikasi Al-Qur’an dengan beragam karyanya, Tahfidzil Qur’an dengan 2 hafidzahnya, dan ditutup dengan Fahmil Qur’an yang turut menambah kemeriahan dengan tanya jawab soal. Selanjutnya, Ketua Departemen Pembinaan, Mochammad Abdul Hafidz bersama Bendahara Departemen dan seluruh Kabid/Sekbid Pembinaan mengulas kembali dan memperkenalkan diri. “Insyaa Allah, mereka semua akan menemani teman-teman di pembinaan semester ini”, ucap Kadep, Hafidz. Acara ini pun diparipurnai dengan pembacaan doa khotmil Qur’an yang dipimpin oleh Ustadz Alifuddin Ikhsan.

Dengan berakhirnya Grand Opening Pembinaan ini, tentunya pembinaan akan segera hadir di tengah-tengah kita, sudah siap?. “Kak, aku belum bisa, minder, bla bla..”, begitulah kalimat yang sering terdengar dari mereka yang hendak bergabung di pembinaan. Tenang, teman-teman akan dibimbing secara bertahap, bersama pembina yang sudah mumpuni pastinya. Selamat belajar, dimulai dari nol ya..

 
 
 
Oleh : Anisah Hanun

Tinggalkan Komentar