Al-Qur’an Camp 2021, Meningkatkan Literasi Al-Qur’an di Tengah Pandemi

Tahun 2021 merupakan tahun ke-3 UKM Al-Qur’an Study Club Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Al-Qur’an Camp, sebuah kegiatan yang ditujukan untuk memberikan fasilitas kepada para pesertanya agar dapat memperbaiki bacaan al-Qur’an, mulai dari makhorijul huruf, tajwid, serta kelancarannya, dan juga menambah hafalan pada juz 30.

Acara ini dibuka pada tanggal 16 Agustus dengan sambutan dari Ustadz Dr. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I. selaku pendamping UKM Al-Qur’an Study Club. Dalam sambutannya, beliau memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk menyelenggarakan acara Al-Qur’an Camp secara virtual ini. Beliau pun mengingatkan kembali kepada seluruh pihak baik peserta maupun panitia dalam agar selalu menata niat, meluruskan hati, lillah, billah, agar kegiatan ini dapat mendatangkan kebaikan.

Selain memberikan fasilitas kepada para peserta agar dapat memperbaiki bacaan al-Qur’andan menambah hafalan pada juz 30, kegiatan Al-Qur’an Camp ini juga memiliki program lain sebagai tambahan yang dapat diikuti oleh peserta yakni Ngaji Hikmah dan juga Tartil.

Acara inti, yakni pembinaan dalam kegiatan Al-Qur’an Camp ini berlangsung mulai tanggal 18‒29 Agustus. Terdapat serangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh peserta, mulai dari penanaman hafalan pagi, murojaah mandiri, pembinaan Tahsin, murojaah terpimpin, dan penanaman hafalan malam.

Meskipun kegiatan di tahun ini masih digelar secara virtual seperti tahun lalu dikarenakan pandemi yang belum usai, namun tampaknya tidak menyurutkan semangat peserta-pesertanya untuk terus niat mengaji Al-Qur’an. Keistikamahan peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir menunjukkan bahwa pandemi seperti ini pun tidak menjadi halangan selama niat itu sudah ada.

Akhir dari kegiatan Al-Qur’an Camp ini dilaksanakan khataman bersama, dilanjut dengan Ngaji Hikmah ke-2, lalu lanjut ke penutupan acara. “Walaupun dilaksanakan daring, namu sangat berkesan”, ucap salah satu peserta terbaik yang memberikan kesan pesan di agenda penutupan.

Tinggalkan Komentar