GRAND OPENING PEMBINAAN UKM AL-QUR’AN STUDY CLUB TAHUN 2021

Sabtu, 4 September 2021, Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Qur’an Study Club (UKM ASC) menyelenggarakan kegiatan Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club dengan mengusung tema “Implementasi Kalam Ilahi sebagai Upaya Mencetak Generasi Qur’ani”. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan sembilan bidang pembinaan yang ada di UKM ASC kepada mahasiswa internal maupun eksternal kampus Universitas Negeri Malang dan masayarakat umum. Sembilan bidang pembinaan tersebut, diantaranya Tahsinil Qiro’ah, Tartilil Qur’an, Tilawatil Qur’an, Tahfidhil Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khattil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIA), dan Desain Aplikasi Al-Qur’an (DAQ). Pembinaan UKM ASC mampu menjadi wadah bagi peserta pembinaan dalam mengembangkan minat dan bakat di bidang ke-al-Qur’an-an. Dengan menjadi wadah tersebut, diharapkan dapat meningkatkan semangat peserta pembinaan untuk istikamah mengikuti pembinaan pada masing-masing bidang di UKM Al-Qur’an Study Club Universitas Negeri Malang.

Kegiatan Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Walaupun tidak bertatap muka secara langsung, peserta antusias mengikuti rangkaian kegiatan Grand Opening. Hal ini terlihat dengan keikutsertaan peserta yang menghadiri acara berjumlah 273 orang yang terdiri atas mahasiswa Universitas Negeri Malang dan masyarakat umum. Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Ketua Umum, dan Pendamping UKM ASC. Melalui sambutannya, Ustadz Dr. Achmad Sultoni, S.Ag, M.Pd.I, sebagai pendamping UKM ASC, memberikan apresiasi kepada peserta karena bersemangat mengikuti kegiatan positif untuk meningkatkan kualitas diri bersama al-Qur’an terlebih di masa pandemi seperti ini. “Berprestasi ataupun tidak, menurut saya, itu urusan kedua. Hal yang pertama dan utama adalah mendekatkan diri kepada al-Qur’an, karena al-Qur’an adalah sumber petunjuk, penuntuk keselamatan di dunia dan akhirat, biidznillah”, tutur beliau.

Puncak dari kegiatan Grand Opening ialah Inspiring Talkshow yang dinarasumberi Ustadzah Zulaikha dengan judul “Kiat-kiat Sukses dalam Bidang ke-al-Qur’an-an”. Beliau berbagai kisah perjalanan hingga mendapat berbagai prestasi di bidang ke-al-Qur’an-an, khususnya Tilawah al-Qur’an. Tidak hanya itu, Ustadzah Zulaikha juga memberikan empat kiat sukses di bidang ke-al-Qur’an-an, yaitu menghormati orangtua, memuliakan guru, belajar sungguh-sungguh, dan meluruskan niat karena Allah. Beliau juga menyampaikan bagaimana semangat dalam mensyiarkan al-Qur’an, yakni dengan mencari teman yang sehobi. “Dengan mencari teman yang sehobi akan membangkitkan, memotivasi dan menjadi moodboster untuk diri kita sendiri”, ucap beliau.

Acara dilanjutkan dengan sharing session setiap bidang pembinaan bersama Kepala dan Sekretaris Bidang Pembinaan. Pada sesi ini, setiap Kepala dan Sekretaris Bidang mempresentasikan mengenai program pembinaan, sehingga diharapkan peserta memperoleh gambaran pembinaan yang akan diikutinya selama satu semester nanti. Peserta juga dapat bertanya secara langsung mengenai program pembinaan agar lebih jelas informasi yang diterima. Rangkaian kegiatan Grand Opening ditutup dengan doa dan penutup serta dokumentasi bersama peserta Grand Opening.

Kegiatan Grand Opening Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club, Alhamdulillaah, berjalan dengan lancar, penuh khidmat, dan antusias. Semoga setelah terlaksananya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan semakin semangat dalam mempelajari dan mensyiarkan al-Qur’an dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun. Semoga Allah memberikan kemudahan dan meridhoi langkah kita dalam membumikan al-Qur’an di bumi Allah ini. Percaya dan yakin dengan barakah al-Qur’an.

Man Jadda wa Jada! Berdiri diatas dan untuk semua golongan.

Pewarta: Nur Halimatus Sa’diyah, Bidang Pembinaan Tahsinil Qiro’ah, Departemen Pembinaan.

Tinggalkan Komentar