Fisik, Akhlak, Hati, dan Akal Perempuan

Menjadi muslimah yang sejati seharusnya tertanam sebagai impian setiap perempuan muslim. Sebagaimana menjadi seorang muslimah sejati adalah salah satu jalan utama menuju ridho Allah SWT. Tidak hanya itu, dalam usaha menjadi muslimah sejati bahkan mampu menjawab kebanyakan kekhawatiran perempuan masa kini akan fisik.

Penampilan fisik seorang perempuan saat ini menjadi alasan sebagian besar perempuan merasa insecure atau biasa disebut rasa tidak percaya diri. Sebab dalam usaha menjadi muslimah sejati, fisik tidak diunggulkan namun karakter, akhlak, dan akal yang diutamakan untuk ditingkatkan. Tidak perlu khawatir bahwa agama Islam sebagai agama yang Rahmatan Lil ‘Alamin tentunya telah memudahkan umatnya untuk menjadi sebaik-baik manusia khususnya bagi para perempuan muslim.

Hal paling dasar bagi para perempuan muslim ialah bertakwa kepada Allah SWT. Dengan bertakwa kepada Allah, maka perempuan akan bahagia dan dimuliakan baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu, gemar membaca al-Qur’an menjadi langkah selanjutnya dalam memperbaiki diri terutama untuk menghindari hal-hal tidak penting seperti ghibah, bahkan jangan sampai saling memfitnah sebab nafsu dan kesombongan sendiri.

Kemudian memperbanyak zikir, sebagaimana zikir memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat diantaranya seperti menjaga hati agar selalu teringat pada Allah SWT. Selain itu, mulut yang terbiasa mengucapkan pujian, syukur, dan taubat pada Allah SWT tentunya akan terjaga dari maksiat yang mampu muncul dari lisan seseorang perempuan. Ghibah, berkata kasar, dan sebagainya tidak akan muncul dari lisan yang senantiasa berzikir atas kehendak Allah SWT. Pun banyak sekali macam zikir yang mampu diamalkan perempuan bahkan saat sedang tidak sholat atau memiliki udzur syari untuk melaksanakan sholat.

Memulai sesuatu tidaklah lebih sulit dari pada meng-istiqomah-kannya. Kalimat yang sering kita dengar ini memanglah benar adanya, namun bukanlah tidak mungkin untuk mematahkannya. Dengan begitu, stereotip terkait fisik good-looking terhadap perempuan adalah sebuah syarat untuk diakui sebagai perempuan cantik tidaklah diperlukan, karena cukuplah kecantikan datang dari hati, akhlak, dan akal.

Seluruh ulasan di atas, tentunya tidak akan mampu terlaksana tanpa niat yang tulus dan kuat akan usaha menjadi seorang muslimah. Maka dari itu, konsistensi untuk selalu megupayakan poin-poin di atas harus dilakukan bersamaan dengan niat yang tulus dan kuat dari seseorang tersebut. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam al-Qur’an surah Ar-Ra’d: 11 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Wallahualam bis showab.”

Referensi:

Ukasya H. 2015. Inilah Wanita yang Paling Cepat Masuk Surga. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Tuban.‌

Kritik dan saran terkait Mading ASC dapat ditulis Disini

Departemen Syiar

Tinggalkan Komentar