Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ) Tahun 2021, Spirit Qur’ani, Wujudkan Generasi Madani dan Berintelektual Tinggi.

Pemuda adalah aset terpenting dalam sebuah negara, bangsa, maupun agama. Pemuda harus menanamkan jiwa Qur’ani pada dirinya agar dapat terbentuk generasi madani yang memiliki gagasan yang tinggi serta pola pikir yang berkembang. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut UKM Al-Qur’an Study Club Universitas Negeri Malang kembali mengadakan ajang musabaqah sebagai kegiatan pengembangan mental dan spiritual dalam hal ke-al-Qur’an-an yang diberi nama Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ) Tahun 2021.

            Kegiatan Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ) Tahun 2021 merupakan serangkaian acara yang terdiri dari Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIA), Musabaqah Khatthil Qur’an (MKQ) cabang dekorasi dan kontemporer, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Tartilil Qur’an (MTrQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) cabang 5 Juz dan 10 juz, dan Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ). Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta yang berkategorikan siswa SMA/MA/Sederajat maupun mahasiswa dari berbagai instansi di seluruh Indonesia.  

Kegiatan musabaqah dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada beberapa cabang, seperti Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), serta Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIA). Sedangkan untuk cabang Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqah Tartilil Qur’an (MTrQ), Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), serta Musabaqah Khatthil Qur’an (MKQ) dilaksanakan dengan cara peserta mengirimkan karya/video kepada panitia pelaksana.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal tanggal 20 Agustus–24 Oktober 2021 dan didukung penuh oleh Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. selaku Rektor Universitas Negeri Malang serta Dr. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I. selaku pendamping UKM Al-Qur’an Study Club. Meskipun kegiatan ini harus dilaksanakan secara virtual karena pandemi, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat dari panitia dan para peserta untuk tetap berpartisipasi hingga kegiatan berakhir.

Adanya kegiatan Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ) Tahun 2021 ini kami harap mampu menumbuhkan semangat dalam belajar serta mensyiarkan al-Qur’an, menumbuhkan kecintaan pada al-Qur’an, serta menginternalisasikan nilai-nilai al-Qur’an pada generasi muda Islam. Pesan kepada para juara yakni agar tetap rendah hati atas penghargaan yang telah dicapai serta tetap semangat dalam belajar serta mensyiarkan al-Qur’an bagi peserta yang belum memperoleh juara.

adidas calabasas cream factory san jose menu – GZ3194 – adidas Ultra Boost 2021 White Multicolor | womens nike dual fusion st blue ridge texas 75424

Tinggalkan Komentar