Doa Ketika Hujan Lebat

Assalamu’alaikum Sobat Qur’ani! Wah, saat ini kita berada pada musim penghujan yang mana membuat cuaca terus mendung dan udara semakin dingin. Tidak sedikit juga yang terkadang mengeluh karena hujan yang tidak kunjung reda. Padahal, itu adalah nikmat yang Allah berikan.

Dalam Islam, kita diajarkan bahwa hujan adalah sebuah rahmat dan rezeki yang Allah berikan kepada hamba-Nya, karena dengan turunnya hujan kondisi bumi yang awalnya kering dapat menjadi lebih subur, dengan hujan pula kebutuhan makhluk hidup akan air dapat terpenuhi.

hujan juga dapat berubah menjadi sebuah bencana jika turun dengan intensitas tinggi dalam waktu cepat dan itu mengakibatkan banjir atau longsor. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu saat pernah meminta diturunkan hujan. Kemudian ketika hujan turun begitu lebatnya, beliau memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a,

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari no. 1014)

Kritik dan saran terkait Mading ASC dapat ditulis Disini

Departemen Syiar

Tinggalkan Komentar