Doa Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Sehat merupakan suatu yang sangat berharga, sehat bukan hanya secara fisik, tetapi juga sehat secara mental, jiwa, dan sosial. Ketika kita sehat maka kita dapat beraktivitas secara normal. Merebaknya pandemi covid-19 yang terjadi di dunia ini menuntut kita untuk selalu menjaga kesehatan, karena seperti yang kita ketahui virus covid-19 ini penularannya sangat cepat bahkan sudah terdapat lebih dari 3 juta penduduk Indonesia yang tertular. Agar terhindar dari virus covid-19 kita harus menerapkan pola hidup yang sehat, selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, menghindari kerumuman, dan yang paling penting yaitu selalu berdoa kepada Allah SWT agar pandemi segera membaik dan kita terhindar dari berbagai penyakit.

Dengan berdoa, berarti kita telah yakin bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini terjadi hanya karena kehendak Allah SWT dan semua merupakan ketetapan-Nya. Seperti firman Allah dalam al-Qur’an surah Yunus: 57 yaitu:

يَٰٓأَيُّهَاٱلنَّاسُقَدْجَآءَتْكُممَّوْعِظَةٌمِّنرَّبِّكُمْوَشِفَآءٌلِّمَافِىٱلصُّدُورِوَهُدًىوَرَحْمَةٌلِّلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: “Wahai manusia, sungguh telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS Yunus: 57)

Berikut beberapa doa yang dapat kita panjatkan agar terhindar dari berbagai wabah penyakit yaitu:

1. Doa agar diberikan perlindungan dari penyakit menular seperti virus covid-19.

Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan doa agar kita tehindar dari penyakit seperti lepra, gila, penyakit kulit, dan segala macam penyakit menular lainnya. Doa yang Rasulullah ajarkan, yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung padamu dari penyakit kulit, gila, lepra dan dari keburukan segala macam penyakit.” (HR Abu Dawud:1554, hadis shahih)

2. Doa agar selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit

Sebagai manusia kita patutnya tidak sombong terhadap apa yang dimiliki, terlebih nikmat yang sudah Allah berikan. Salah satu nikmat yang Allah berikan adalah kesehatan. dalam hal ini Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan doa agar Allah tidak mencabut kesehatan yang telah diberikan-Nya, terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, serta dijauhkan dari murka dan siksa Allah. Doa yang Rasulullah ajarkan, yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari hilangnya nikmat yang telah engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah engkau anugerahkan, dari siksa mu yang datang secara tiba-tiba dan segala kemurkaanmu.” (HR Muslim No. 2739).

Dari kedua doa di atas, semoga kita selalu mampu untuk bermunajat kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan kesehatan serta terhindar dari segala macam penyakit. Semoga pandemi covid-19 segera berakhir dan kita dapat kembali beraktivitas.

Kritik dan saran terkait Mading ASC dapat ditulis Disini

Departemen Syiar

Tinggalkan Komentar