Derajat Wanita dalam Al-Qur’an

Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Allah Swt. Manusia sendiri ada yang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki. Dalam hal ini, wanita mempunyai kedudukan yang sangat agung dalam Islam. Wanita haruslah menjaga harkat dan martabat mereka sebagai muslimah salihah. Hal ini telah terbukti dalam banyaknya hadist bahkan ayat di dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang keistimewaan seorang wanita.

Wanita adalah karunia, bukan musibah. Islam memandang wanita adalah karunia Allah Swt. Bersamanya kaum laki-laki akan mendapatkan ketenangan lahir dan batin serta mampu memberikan energi positif yang sangat bermanfaat, seperti rasa cinta, kasih sayang, dan motivasi hidup. Allah Swt berfirman dalam Q.S. An-Nahl ayat 72 yang berbunyi:

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ ۚ أَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ اللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

“Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?” (Q.S. An-Nahl: 72).

Wanita salihah lebih baik dari pada bidadari di surga. Para bidadari surga akan kalah dari keistimewaan yang dimiliki oleh wanita salihah yang ada di dunia. Segala bentuk amal yang dikerjakan oleh wanita di dunia, inilah yang membuat wanita lebih mulia dari para bidadari surga.  Rasulullah saw. bersabda: “Perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat.” (As-Sya’rani, Muhktashar Tadziratul Qurthubi: 102). Berbicara mengenai wanita, dalam Islam ada jajaran wanita mulia yang dijamin masuk surga yaitu:

  1. Maryam binti Imran
  2. Khadijah binti Khuwailid
  3. Fatimah Az Zahra binti Rasulullah saw.
  4. Asiyah istri Firaun

Apa teladan yang bisa diambil dari ke-4 wanita tersebut? Untuk menjadi wanita muslimah yang sempurna, haruslah menjadi istri yang taat kepada suami, dermawan, patuh kepada orang tua, sabar, memperkuat iman, dan selalu menjaga kesuciannya.

Kritik dan saran terkait Mading ASC dapat ditulis Disini

Departemen Syiar

Tinggalkan Komentar