Dari Jakarta (lagi) ???

Malang – 12 Februari 2019. UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) Menerima kunjungan studi banding kembali dari salah satu perguruan tinggi asal Jakarta. Sebelumnya pada tanggal 4 Februari 2019 UKM ASC menerima studi banding dari mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Jakarta. Kali ini UKM ASC menerima studi banding kembali dari UKM Rumah Qur’an Mahasiswa (Qurma) Universitas Islam Asy-Syafi’iyah (UIA) Jakarta. Bertempat di Ruang Rapat MPIKA Graha Rektorat lantai 2, studi banding dilaksakan dari pukul 13.00-16.30 WIB. Kedatangan Rumah Qur’an Mahasiswa ke Malang membawa 16 mahasiswa salah satu diantaranya adalah Founding Father Qurma yakni Teguh Ananda beserta Ketua Umum Qurma periode ini, Romi Wilham Sutanto.
Kedatangan Rumah Qur’an Mahasiswa UIA disambut hangat oleh khudama’ UKM ASC salah satunya adalah Wakil Ketua Muchamat Choirul Rozikin. Tujuan Studi banding kali ini yaitu berbagi informasi mengenai sejarah UKM ASC, Pengkaderan, serta Program Pembinaan pada UKM ASC. “Rumah Qur’an Mahasiswa ini masih muda usianya, masih sekitar 1,5 tahun” papar Ketua Umum Rumah Qur’an Mahasiswa, Romi Wilham Sutanto. Pertemuan yang cukup singkat ini memberikan gambaran bagi Qurma tentang Struktur Organisasi, penjelasan Pembinaan, jenjang pengkaderan serta administrasi dan pendanaan UKM ASC. “Jika di UKM Qurma, kami masih menitik beratkan pada pembinaan tahsin, tilawah dan tahfidz. Kami juga ada pembinaan hadrah dan kaligrafi” jelas Romi Wilham. Studi banding kali ini memberikan kesan yang baik mengingat UKM ASC tengah menargetkan ASC Nasional dan berkontribusi pada Syiar Al-Qur’an ke ranah Nasional.
Studi banding ke UKM ASC Universitas Negeri Malang merupakan salah satu rangkaian tour studi banding DI Yogyakarta – Jawa Tengah – Jawa Timur yang berlangsung selama sekitar 7 hari oleh UKM Qurma UIA. “Semoga lain waktu, UKM ASC yang bisa berkunjung ke Jakarta” ucap Romi Wilham sebelum salam perpisahan. UKM Rumah Qur’an Mahasiswa Universitas Islam Asy-Syafi’iyah akan melanjutkan perjalanan berikutnya menuju dua UKM ke Al-Qur’an-an yang ada di Yogyakarta.

 
 
 
Oleh : Dwi Roudhotillah

Tinggalkan Komentar