Belajar Online atau Offline, Utamakan Berdo’a !

BELAJAR ONLINE ATAU OFFLINE, UTAMAKAN BERDOA !

Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim, hal ini berlaku sejak manusia berada di ayunan sampai liang lahat. Dalam melaksanakan kewajiban tersebut, ada baiknya kita niatkan beribadah dan selalu mengingat Allah agar ilmu yang kita pelajari dapat bermanfaat dan membawa berkah.

Semua yang ada di dunia ini adalah ciptaan-Nya, sehingga wajib bagi kita untuk memanjatkan doa di awal maupun akhir kegiatan agar senantiasa mendapat ridho dari-Nya. Tak terkecuali saat belajar, memanjatkan doa sebelum belajar sangat dianjurkan agar Allah mempermudah proses pemahaman kita. Sehingga ilmu yang dipelajari dapat terserap lebih cepat dan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Allah menyukai orang-orang yang memanjatkan doa, Dia pun berjanji akan selalu mengijabahi do’a yang telah dipanjatkan. Hal ini tercantum dalam firmanNya Q.S Al-Mukmin ayat 60

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ ﴿٦٠)٠

 “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina” (Al-Mukmim:60)

Jelas tertera dalam ayat tersebut, jika kita berdoa, pasti akan Allah kabulkan. Tentu saja semua ada ikhtiarnya. Doa yang dilangitkan secara istiqomah dan usaha dhohir, dalam hal ini belajar bersungguh-sungguh, akan lebih mudah diterima dan dikabulkan oleh Allah.

Orang yang sedang dalam jatuh cinta, ia akan selalu memanggil dan mengingat nama kekasihnya. Begitu pula seorang hamba yang sangat mencintai Tuhannya, lisannya tidak pernah kering dari mengingat Allah, berdzikir memanggil nama-Nya. Doa sebelum belajar termasuk pula dalam berdzikir mengingat Allah, sehingga hal tersebut sebaiknya dilakukan sebagai bentuk cinta kita kepada-Nya.

 

Departemen Syiar UKM ASC

link Poster: Download

Tinggalkan Komentar