ASC PP2 Gelar Yaumul Khat Junior 2020 Virtual Serentak Se-Jawa Timur

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Qur’an Study Club (ASC) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) kampus 2 mengadakan acara Yaumul Khat Junior (YKJ) 2020 yakni lomba khat/kaligrafi untuk jenjang TK/SD/SMP yang diadakan serentak pada tanggal 04 Oktober 2020 secara virtual melalui YouTube dan Google Meet.

Kegiatan YKJ digelar dengan tema “Semangat Berkreasi Ditengah Pandemi Guna Terciptanya Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani”. Kegiatan ini mendapat dukungan positif dari bapak Dr. Muarifin M.Pd selaku Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang, bapak Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, serta Ustadz Dr. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I selaku Pendamping UKM ASC.

“Sebuah kegiatan yang sangat baik, karena mengajak junior-junior yakni anak-anak yang masih muda belajar Al-Qur’an dan mencintai Al-Qur’an.” Tutur Ustadz Dr. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I selaku Pendamping UKM ASC.

“Acara yang sangat baik karena acara ini merupakan acara mengenalkan Al-Qur’an secara umum kepada anak-anak, mengenalkan bagaimana sajian keindahan Al-Qur’an dalam bentuk seni tulis bidang khat/kaligrafi.“ Tutur Bapak Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D selaku staff ahli yang mewakili Wakil Rektor III karena berhalangan hadir.

Beliau juga meminta seluruh panitia dan peserta agar tetap menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam mensyiarkan Al-Qur’an.

Pandemi Covid-19 masih mewabah di tengah riuhnya pembelajaran sekolah pada semester ganjil. Namun hal ini tidak menjadikan semangat adik-adik padam dalam mensyiarkan Al-Qur’an melalui seni tulis khat/kaligrafi Al-Qur’an, dilihat dari antusias peserta yang membludak sebanyak 122 peserta, dengan rincian peserta jenjang TK sebanyak 53 peserta, jenjang SD sebanyak 51 peserta, dan jenjang SMP sebanyak 18 peserta.

Ketua pelaksana YKJ 2020 mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap Al-Qur’an. Semoga dalam keaadan pandemi seperti ini tidak mengurangi semangat panitia dan peserta dalam berpartisipasi di acara YKJ 2020 ini serta semoga acara YKJ ini dapat bermanfaat bagi peserta, pendamping maupun panitia dan masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan dengan harapan dapat menumbuh kembangkan kecintaan Al-Qur’an anak sejak dini agar anak bisa lebih belajar dan memahami Al-Qur’an.” Tutur Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Kegiatan YKJ pada tanggal 04 Oktober 2020 dimulai pada pukul 08.00 WIB melalui Youtube yang disiarkan secara Live, selanjutnya peserta di pandu menuju Google Meet untuk pelaksanaan lomba. Kegiatan pelaksanaan lomba cukup teratur dan kondusif, peserta menunjukkan alat-alat yang digunakan dan proses dalam menggambarnya. Kegiatan lomba ini berakhir pada pukul 09.45 untuk jenjang TK, pukul 10.20 untuk tingkat SD dan pukul 11.15 untuk jenjang SMP. Sedangkan untuk kegiatan penutupan pengumuman juara lomba Yaumul Khat Junior 2020 dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober 2020 melalui Google Meet.

Untuk menyemarakkan acara YKJ 2020, panitia mengadakan “Yaumul Khat Junior Challenge” yakni lomba membuat caption menarik di twibbon, dimana adik-adik mengungkapkan pesan dan kesan mengikuti acara YKJ 2020 dan akan diambil 3 caption terbaik sebagai pemenangnya.

Acara YKJ 2020 di sponsori oleh ASC Shop, Kalam dan Rumah Plakat. Serta didukung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (BEM FIP), Himpunan Mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah (HMJ KSDP), Tara Radio UM, Event Malang, Info Event Jatim, Update Lomba, Event Bondowoso Pesona Trenggalek, Info Event Blitar, dan MHS Ngalam.

Semoga acara Yaumul khat junior 2020 ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan semoga akan selalu ada acara Yaumul Khat Junior di tahun-tahun berikutnya. Semangatku, Semangat kita, Semangat Al-Qur’an. Pewarta: Emilda Farkhiatul Manzil – S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pewarta: Emilda Farkhiatul Manzil – Panitia YKJ 2020

Tinggalkan Komentar