Al-Qur’an Kembali Menggema Di Kampus Um Melalui MTQ XIII UM Tahun 2017

Agenda tahunan MTQ UM yang ke 13 kembali dihelat di kampus tercinta. MTQ UM merupakan hajat besar UM yang di programkan oleh UKM Al-Qur’an Study Club. Sebagai langkah mengistiqomahkan tradisi juara umum MTQ mahasiswa baik regional maupun nasional.
Acara ini terlaksana pada tanggal 27-29 Oktober 2017 diikuti oleh 612 mahasiswa UM dari 8 fakultas. Bertempat di beberapa aula fakultas dan berpusat di aula A3 lt 2. Terdapat 17 cabang Musabaqah yang diperlombakan, diantaranya adalah MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an), MTrQ (Musabaqah Tartilil Qur’an), MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an 1 juz, 2 juz, 5 juz, dan 10 juz), MSQ (Musabaqah Syarhil Qur’an), MKTIA (Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an), MDAKQ (Musabaqah Desain Aplikasi Al-Qur’an), MFQ (musabaqah Fahmil Qur’an), MKQ (Musabaqah Kaligrafi Al-qur’an cabang dekorasi dan kontemporer), MDBA (Musabaqah Debat Bahasa Arab), serta MDBI (Musabaqah Debat Bahasa Inggris).
MTQ XIII UM tahun 2017 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed. pada hari Sabtu, 28/10/2017 di aula A3 lt 2. Selain itu, dihadiri pula oleh Wakil Dekan III dari masing-masing fakultas, dan seluluh jajaran pimpinan UM.
Dalam sambutannya beliau menyampaikan “MTQ UM adalah ajang Qur’ani terbesar di tataran mahasiswa UM. Kegiatan inilah yang mampu mendobrak UM untuk menjadi kampus Qur’ani serta salahsatu langkah untuk mentradisikan UM juara umum di MTQ Mahasiswa Nasional maupun regional.”
“Saya sangat terharu ketika melihat di beberapa gazebo terdapat mahasiswi yang mengaji saat kaum laki-laki melaksanakan sholat Jum’at. Cukup saya intib dan saya bersyukur. UKM ASC telah membentuk system pembelajaran Al-Qur’an yang sangat baik melalui BBQ, Pembinaan tiap minggunya dan juga TDI. Beberapa kegiatan tersebut, semakin menggaungkan nafas islami di kampus kita ini.”
Diakhir sambutannya, beliau menyampaikan harapan semoga dengan berbagai langkah ini, UM tetap bisa mempertahankan juara umum MTQ Mahasiswadi tahun selanjutnya.
Selama 2 hari musabaqah dilaksanakan di beberapa aula fakultas. Pada hari Minggu, 29/10/2017 pukul 19.30 WIB, penutupan dihelat di aula A3. Pendamping UKM ASC, Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I dalam sambutannya menyampaiakan “MTQ XIII UM kali ini dihelat dengan sangat meriah dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan pawai ta’aruf MTQ yang berpusat di graha rektorat baru menjadi pembuka pra acara yang sungguh luar biasa, karena dapat mengenalkan nuansa MTQ ke seluruh penjuru fakultas. Semua ini tentunya atas kerja keras dari adik-adik UKM ASC dengan dukungan dari bapak Rektor, Wakil Rektor, Wakil Dekan, Subag Kemahasiswaan, serta seluruh civitas akademika UM.”
Dalam sejarah perhelatan MTQ UM, Fakultas sastra telah mencetak hattrick menjadi juara umum ke 13 kali. Kemudian pada tahun ini FMIPA menjadi juara umum kedua, disusul oleh FE, FIP, FIS, FPPsi, FIK dan FT. peringkat tersebut dirangking berdasarkan jumlah poin yang didapatkan dari masing-masing perolehan juara di semua cabang musabaqah.
Sebelum prosesi pemberian hadiah pada para juara, acara ditutup dengan pembacaan doa Khatmil Qur’an. Mudah-mudahan UM dan UKM ASC semakin Berjaya dengan berkah Al-Qur’an. (Tsania Nur Diyana, Sekretaris umum UKM ASC)

oleh:Tsania Nur Diyana
Sekretaris umum UKM ASC

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.