Al-Aqsha : Kemuliaan dan Nilai Strategisnya Bagi Umat Islam

Malang – Sabtu, 02 Maret 2019. Kegiatan Tafaqquh Fii Dinil Islam (TDI) edisi spesial sukses dilakukan. Berlokasi di Masjid Al Hikmah Universitas Negeri Malang tepat pukul 08.00-12.00. Kegiatan ini membawakan tema khusus dengan judul “Al Aqsa: Kemuliaan dan Nilai Strategisnya bagi Umat Islam”. Dengan mendatangkan pemateri asal Negara pemilik Al Aqsa, Al Quds, Palestina yang bernama Syaikh Nashif Nashir di sesi kuliah umum.

Kegiatan TDI edisi spesial ini dihadiri oleh berbagai pihak antara lain Perwakilan Radar Malang, Pendamping Syaikh Nashif Nashir, dan Mahasiswa UM. Dipandu dengan pembawa acara Faizul Ismani, semua peserta TDI mengucapkan “Ahlan Wa Sahlan Bi hudumikum” dengan serentak. Pada kegiatan TDI kali ini rasa antusiasme mahasiswa meningkat. Syaikh Nashif dengan didampingi penerjemahnya memaparkan materi mengenai cerita Al Aqsa disertai sejarahnya sejak Nabi Yusuf dan Maryam.

Selain cerita tersebut syaikh Nashif mengatakan ”Masjid Al Aqsa adalah kiblat pertama kaum muslimin. Di era-era terdahulu, Berbagai negara seperti Yunani, Yahudi, Utsmaniyah telah datang untuk merebut Al Aqsa, namun mereka pergi meninggalkan Al Aqsa. Al Aqsa bukan milik Palestina, tetapi milik kita semua umat muslim.” Mendengar berbagai kisah pilu Palestina, beberapa mahasiswa tergugah hatinya. “Saya bersyukur sekali dapat mengikuti kajian beliau, Sepanjang kajian saya benar-benar terharu dengan segala yang beliau serukan.” ungkap Ana. Materi-materi yang disampaikan oleh Syaikh Nashif mampu masuk ke dalam hati Ana dan mahasiswa lainnya untuk menjadi pelajaran penting mereka. Pada akhir TDI sesi kuliah umum,  Syaikh Nashif berkata “Bangsa Indonesia dan Palestina telah disatukan oleh Al-Qur’an, sehingga dapat mempunyai rasa persaudaraan yang kuat.“ Labbaika Ya Aqsa. (Dwi Roudhotillah)

Tinggalkan Komentar