Tentang ASC

Al-Qur’an adalah kitab suci sebagai Kalam Ilahi yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu rahmat yang tiada taranya bagi alam semesta. Di dalamnya tekumpul  Wahyu Ilahi  yang menjadi petunjuk, pedoman dan pelajaran bagi yang meyakini, mempelajari dan mengamalkannya. Namun demikian, sangat disayangkan bahwa tidak semua orang, khususnya generasi muda islam saat ini punya keinginan untuk mempelajari, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan semangatjuang Al-Qur’an khususnya bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang dibentuklah Al-Qur’an Study Club (ASC) sebagai salah satu sarana bagi generasi muda islam UM untuk mendalami Al-Qur’an.

 

Penerapan nilai religius pada mahasiswa merupakan  salah satu indikator terlaksananya pendididikan berkarakter yang akhir-akhir ini sedang gencar-gencarnya diupayakan oleh Kementrian Pendidikan Nasisonal. Hal tersebuat sangatlah wajar mengingat semakin banyaknya para pembesar negeri ini yang memanfaatkan  keintelektualannya bukan pada tempat yang tepat dan terpuji. Wujud mahasiswa sebagai agen perubahan yang dibahunyalah terdapat sejuta harapan kemajuan dalam segala sektor kehidupan haruslah sebanding dengan upaya serius dan menyeluruh dari lembaga pendidik untuk menyelaraskan antara IPTEK dan IMTAQ, sehihingga dengan hal tersebut lahirlah generasi yang intelek dan taat beragama.

 

Kekuatan moral yang dipancarkan oleh Al-Quran dan As-Sunah  memiliki peranan yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia terlebih lagi bagi seorang muslim, akantetapi sangat disayangkan sebagian besar  mahasiswa tidak dapat merasakannya dengan seksama. Hal ini disebabkan banyak hal, diantaranya latarbelakang pendidikan dan lingungan tempat tinggal mahasiswa  yang kurang mendukung,juga dikarenakan kurang intensifnya upaya yang dilakukan perguruan tinggi dimana mahasiswa menghabiskan sebagian besar waktunya.

 

Al-Qur’an Study Club ini mempunyai arah gerak untuk mengembangkan dan menggali bakat mahasiswa UM dalam bidang Al-Qur’an yang meliputi Tartilul Qur’an (membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar), Tahsinul Qiro’ah (ditujukan untuk para pemula), Tahfidzul Qur’an (menghafal Al-Qur’an), Seni Baca dan Tulis Al-Qur’an yaitu Qiro’ah dan kaligrafi, Ulumul Al-Qur’an, dan Karya Tulis Al-Qur’an.

 

Al-Qur’an Study Club juga telah mendapatkan kepercayaan dari Rektor Universitas Negeri Malang untuk mengelola Bimbingan Belajar Qur’an (BBQ). Selain itu, rektor itu juga memberikan kepercayaan kepada untuk menjadi panitia Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Universitas Negeri Malang.

 

Dengan bertujuan hal-hal tersebut di atas maka Al-Qur’an Study Club ini berfungsi sebagai fasilitator bagi mahasiswa UM yang ingin mengembangkan dan menumbuhkan bakatnya di bidang Al-Qur’an, dan bagi seluruh mahasiswa UM yang ingin mendalami Al-Qur’an. Serta, sebagai wadah untuk melatih dan mempersiapkan para mahasiswa yang ingin mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat mahasiswa yang telah diadakan tiap tahun yang kemudian akan didelegasikan mengikuti MTQ mahasiswa tingkat Nasional.

 

Sehubungan dengan bertambahnya prestasi dan amanah yang diberikan oleh pihak kapus Universitas Negeri Malang kepada UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) tersebut, kami mengajak kepada segenap pihak untuk turut serta menyukseskan agenda-agenda kebaikan tersebut. Semoga hati-hati kita senantiasa tergerak untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan semoga apa yang kita infakkan menjadi amal soleh yang akan menjadi pemberat timbangan amal kita di akhirat kelak.


Leave a Reply