Category Archives: ACARA

  • -

SE KAPUR SIRIH TENTANG ASC

Category : ACARA , INFO

Assalamu’alaikum Wr Wb

“Al Qur’an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini “ (Q.S Al jaatsiyah : 20)
Al Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat islam di alam semesta ini. Selain itu, Al Qur’an juga merupakan salah satu bentuk mu’jizat yang kekal hingga hari kiamat yang Allah wahyukan kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.
Lalu, apa kaitannya dengan ASC ?
Al Qur’an Study Club (ASC) merupakan salah satu UKM kerohanian yang ada di Universitas Negeri Malang (UM) yang bergerak di bidang ke Al Qur’an-an. UKM ini dibentuk untuk menumbuhkan semangat juang Al Qur’an khususnya mahasiswa UM , sebagai fasilitator bagi generasi muda islam UM untuk mempelajari dan mendalami Al Qur’an.
Dari hadits Utsman bin Affan r.a, bahwa Nabi SAW bersabda, “Sebaik-baik orang diantara kalian adalah yang paling mempelajari Al Qur’an dan mengamalkannya” (HR Bukhari). Berpedoman kepada firman Allah SWT dan hadits-hadits Rasulullah yang salah satunya tertera diatas, tentang kemuliaan mempelajari Al Qur’an dan segala aspek yang ada didalamnya, ASC mempunyai gerak untuk mengembangkan dan menggali bakat mahasiswa UM dalam bidang Al Qur’an melalui pembinaan-pembinaan yang ada di UKM ASC. Diantaranya adalah :
1. Tahsinul qiro’ah : pembinaan baca Al Qur’an bagi tingkat pemula sampai menengah
2. Tartilul qur’an : seni baca Al Qur’an dengan mujawwad (murottal)
3. Tilawatul qur’an : seni baca indah Al Qur’an dengan variasi nada dan lagu
4. Hifdzul qur’an : pembinaan hafalan Al Qur’an
5. KTIA : karya tulis ilmiah berbasis Al Qur’an
6. Fahmul qur’an : pembinaan memaha mi Al Qur’an
7. Khattul qur’n : seni kaligrafi Arab
8. Syarhul qur’an : pembinaan syarah (pidato/da’i)
9. Desain Aplikasi Qur’an :pembinaan perancangan aplikasi Al Qur’an
Selain pembinaan diatas, berdasarkan surat edaran Kepala LP3 Um Nomor 1157/UN32.151/DT/2014 UKM ASC juga dipercaya sebagai penyelenggara Bimbingan Baca Qur’an (BBQ) dan Tafaqquh fi Diinil Islam (TDI) . Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam belajar Al Qur’an secara khusus, UKM ASC juga menyediakan pembinaan Bimbingan Baca Tulis Qur’an (BTQ) .
Man jadda wajada


Presented by Departemen Kaderisasi dan Deparetemen Syiar UKM ASC UM


  • -

GRAND OPENING PEMBINAAN UKM AL QUR’AN STUDY CLUB (ASC) PERIODE SEMESTER GASAL 2017

Category : ACARA , INFO

Salam Qurani
Alhamdulillahirobbil ‘aalamiin, atas izin Allah SWT pada (4/9) UKM ASC telah menyelenggarakan first eventnya “Grand Opening Pembinaan” pada periode semester gasal kepengurusan tahun 2017. Grand Opening ini merupakan salah satu program kerja Departemen Pembinaan UKM ASC yang dilaksanakan setiap satu tahun dua kali, yakni pada awal masa perkuliahan semester genap dan semester gasal. Kali ini acara Grand Opening diselenggarakan di Gedung E6 Aula AVA Fakultas Sastra dengan mengangkat tema “Mewujudkan Kampus qur’ani Berjiwa Rabbani” dan diikuti oleh 350 mahasiswa yang mana sebagian besar merupakan Mahasiswa Baru UM 2017. Adapun acara inti pada event ini adalah sosialisasi terkait pembinaan yang ada di UKM ASC secara detail yang diwakili langsung oleh ketua Departemen Pembinaan Al Rizhal Tisma wahid Maulana serta seklumit sejarah berdirinya UKM ASC yang disampaikan oleh Ketua UKM ASC periode 2016 M. Alifudin Ikhsan, S.Pd. Harapan kami, setelah acara ini mahasiswa yang telah mendaftarkan dirinya untuk mengikuti pembinaan sesuai bidang yang dipilih dapat berkomitmen dan istiqomah dalam mengikuti pembinaan yang telah terjadwal serta selalu istiqomah membumikan Al Qur’an di kampus kita tercinta Universitas Negeri Malang
Man jadda wajada
WhatsApp Image 2017-09-07 at 10.59.29

WhatsApp Image 2017-09-07 at 10.59.24
Presented by Departemen Pembinaan ukm ASC 2017
Reported by Departemen Syiar UKM ASC 2017


  • -

Jangan Ragu, belajar membaca Al-Quran dengan Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an UKM ASC

Category : ACARA , INFO

Assalamu’alaikum Wr Wb
Salam qurani
و رتّل القرآن ترتيلا ( المزمل : 4 )
“ Dan bacalah Al Qur’an dengan perlahan-lahan (QS : Al Muzammil;4) “
Sahabat qurani yang dirahmati Allah SWT, tanpa disadari banyak dari kita yang sering terkagum-kagum akan indahnya bacaan Al Qur’an yang mampu menggetarkan hati dan jiwa, mengagumi para qari’ dan qari’ah yang mampu melantunkan kalam Nya dengan suara emasnya. Namun, tak dapat dpungkiri pula bahwa banyak dari kita yang juga memiliki tekad kuat untuk selalu ingin mempelajari dan memahami kalam Nya dengan lebih baik. Akan tetapi keinginan tersebut terkadang terhalangi oleh beberapa kesibukan yang ada, sehingga terkadang tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Sahabat qurani, jangan pernah ragu lagi untuk mempelajari Al Qur’an, membaca Al Qur’an lebih baik dan lebih baik lagi, karena kami dari BTQ (Bimbingan Baca Tulis Qur’an) UKM Al Qur’an Study Club (ASC) punya solusinya, apa itu ?
Dengan pengajar yang terseleksi , pembimbing yang siap datang di tempat, serta model bimbingan yang intensif, kami dari Tim BTQ siap menemani kalian untuk menikmati indahnya membaca dan menulis Al Qur’an dengan baik dan benar. nah, jangan lupa segera daftarkan diri kalian untuk bergabung bersama kami di BTQ UKM ASC.
Contact Person
Hafizh : 08121738183
Auli : 085748531951
WhatsApp Image 2017-09-07 at 09.36.19

Presented by : Departemen Kesejahteraan UKM Al Qur’an Study Club


  • -

Pererat Ukhuwah antar Khudama dengan Agenda Upgrading

Category : ACARA

Salam qurani
Liburan kampus yang panjang telah usai. Bulan Agustus menjadi tanda bahwa awal perkuliahan segera dimulai. Terlihat status-status yang bertebaran di media sosial Mahasiswa UM yang mengindikasikan ketidaksabarannya memasuki masa perkuliahan baru. Sebagin besar pula ada yang enggan menyudahi liburannya. Hehe, hal yang biasa terjadi bukan ? Akan tetapi hal ini berbeda dengan khudama UKM ASC UM. What will they do ?
Pada tanggal 19-20 Agustus 2017 seluruh khudama ASC mengikuti acara upgrading di Ds Tulungrejo Kec Bumiaji Kab Batu. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan diawali dengan khataman Al Qur’an. Pada hari pertama, diisi oleh beberapa agenda seperti game perkenalan, sharing dan evaluasi antar departemen , Pengurus Harian maupun Pengurus Inti ASC selama periode kepengurusan semester genap. Hal ini bertujuan untuk mempererat ukhuwah antar khudama, baik antar UKM ASC pusat maupun ASC kampus dua UM. Kemudian pada hari kedua dilanjutkan dengan agenda refreshing dengan diawali senam pagi bersama dan bermain ke Coban Talun. Diharapkan dengan adanya upgrading ini, para khudama dapat lebih semangat dalam membumikan Al Qur’an di kampus tercinta Universitas Negeri Malang serta berkomitmen untuk tetap istiqomah menjalankan amanah yang diemban masing-masing departemen. Semoga Allah senantiasa memudahkan dan meridhoi langkah kita dalam membumikan Al Qur’an di kampus tercinta. Aamiin
Man jadda wajada
WhatsApp Image 2017-09-07 at 11.01.35
Presented by Departemen Kaderisasi UKM ASC 2017
Reported by Departemen Syiar UKM ASC 2017


  • -

GRAND OPENING PEMBINAAN UKM ASC

Category : ACARA , INFO

“Membumikan Al-Qur’an di Kampus UM Tercinta”

Gema Al-Qur’an kembali bergaung di kampus UM. Setelah kurang lebih 2 bulan pembinaan di UKM ASC diliburkan, hari ini dalam acara Grand Opening Pembinaan secara resmi pembinaan di semester genap ini dimulai kembali. Memenuhi rasa haus para peserta pembinaan dan para pecinta Al-Qur’an yang telah lama merindukan pembinaan tersebut.
Acara Grand Opening Pembinaan pertama kali diselenggarakan pada tahun ini dan menjadi santapan manis pembuka seluruh rentetan kegiatan yang akan diselenggarakan oleh UKM ASC pada tahun 2017. Grand Opening Pembinaan kali ini dipimpin oleh salah satu hafidz UM (Ilham Hamidi) yang selanjutnya disambung dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustad Ali Nahawand. Suaranya yang begitu mempesona, membuat para pendengar tersentuh dan terdiam terpukau karenanya. Ketua UKM ASC 2017, Anwar Kirom, juga memberikan sambutan pembuka yang sangat menggugah peserta pembinaan untuk mengikuti pembinaan dengan lebih istiqomah.
Satu hal yang istimewa dalam acara kali ini adalah kami kedatangan ustad al-hafidz, yaitu ustad Asrukhin. Dengan ciri khas cara penyampaiannya, banyak pesan mendalam yang beliau sampaikan. Salah satunya adalah mengenai pentingnya belajar dan menghafal Al-Qur’an. “Jangan pernah menyalahkan Al-Qur’an jika IP kalian turun gegara lebih fokus kepada Al-Qur’an, yakinlah bahwa Al-Qur’an selalu menjadi penolong kalian dalam keadaan apapun. Tetap istiqomah belajar dan mendalami Al-Qur’an, insyaAllah hal-hal lain akan senantiasa mengikuti dengan baik” salah satu kutipan dari ceramah beliau.
Diakhir sesi, saudara Al Rizhal Tisma Wahid Maulana (Ketua departemen Pembinaan) memberikan sosialisai dan gambaran umum mengenai pembinaan Al-Qur’an yang akan dilaksanakan pada semester ini.
Then, mari beristiqomah dalam belajar dan mendalami Al-Qur’an. Tetap terus menempa diri dalam hal yang baik dan ikuti pembinaan rutin di UKM ASC. insyaAllah berbagai hikmah dan manfaat akan senantiasa mengiringi. Serta tujuan utama untuk membumikan Al-Qur’an di kampus UM akan terealisasi. (red/Tsania)

WhatsApp Image 2017-08-26 at 19.25.50


  • -

Pendaftaran MAMAQ gelombang 2

Category : ACARA , INFO

BUKA GEL 2
pamflet gel 2

_Assalamu’alaikum…_
Salam Qurani untuk seluruh mahasiswa Indonesia !! Ada kabar gembira nih buat kalian yang suka nulis Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an Karena… UKM ASC *Universitas Negeri Malang* mengadakan *Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an*
Dengan nama… *MAMAQ 2017*
☆ MAQALAH MADLMUN QURAN ☆
Dengan tema: “Mewujudkan Generasi Qur’ani untuk Kejayaan Negeri”

Yukkk buruan daftar…
Dan jadilah *Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani* *Fasilitas :*
1. Semua peserta yang mengumpulkan full paper mendapatkan *E-Sertifikat Peserta*
2. 70 karya terbaik mendapatkan *E-Sertifikat Semifinalis Nasional*
3. 10 Tim Finalis Gratis mengikuti Seminar Nasional
4. Field Trip *”Malang Creativite City”*
*Penghargaan yang bisa kamu dapat jika menang adalah…* Juara I : Rp 3.000.000,- + Trophy + _*Trophy Gubernur Jatim*_ + Piagam
Juara 2 : Rp 2.000.000,- + Trophy + Piagam
Juara 3 : Rp 1.000.000,- + Trophy + Piagam
Juara Harapan I : Trophy + Piagam
Juara Harapan II : Trophy + Piagam

Pendaftaran dan Pengiriman Abstrak:
*22 Juli s/d 7 Agustus 2017*

Konfirmasi Pendaftaran dan Pengiriman Abstrak:
*Iis Rifianti 085704460712* *♡ SHARE PAMFLET & INFO MAMAQ dapat GRATIS BIAYA PENDAFTARAN DAN PENGIRIMAN ABSTRAK ♡* *Untuk Ketentuan Lebih Lanjut :*
_Website Resmi :_ www.asc.ukm.um.ac.id
_Website Mamaq :_
http://mamaq-asc-um.esy.es/
_Fanspage :_ https://goo.gl/LzYPhq
_Instagram :_ https://goo.gl/nMFT8k ×××××××××××××××××××××××
☎ Miftakhul Choirudin P 085812381569
☎ Nurul Muzdalifah 085746946726
××××××××××××××××××××××× Download Panduan Abstrak dan Fullpaper MAMAQ di :
https://drive.google.com/drive/folders/0B-zJzUkN3Ie6UHNRWk82MjVHeWs?usp=sharing
Wassalamualaikum wr.wb


  • -

Sartas BBQ UKM ASC ke-4

Category : ACARA

IMG-20170614-WA0021


Salam Qurany
(12/5) Alhamdulillah UKM Al Qur’an Study Club telah menyelenggarakan Sarasehan dan Tasyakuran Bimbingan Baca Qur’an (SARTAS BBQ) ke – IV di Gedung aula Kenanga Fakultas Ilmu Keolahragaan UM dengan mengusung tema “
Acara ini merupakan kegiatan puncak BBQ semester genap tahun 2017 yang merupakan bagian dari program kerja Departemen Pembinaan bidang BBQ setiap seemesternya. Adapun kegiatan pada acara SARTAS ke-IV ini adalah sarasehan dan evaluasi kegiatan BBQ yang telah terlaksana pada periode semester genap 2017 sekaligus launching penggunaan aplikasi penilaian untuk kegiatan pre test dan post test BBQ (eBBQ) . Selain itu acara ini juga dihadiri oleh Bapak KH. Imam Syafi’i (Sisoarjo) sebagai pemateri terkait pembelajaran dan tata cara mengajar Al Quran yang baik. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat syafaat Al Quran di hari esok kelak Aamiin..
Man jadda wajada


  • -

MILAD ASC ke-4

Category : ACARA

IMG-20170614-WA0050


Salam Qurany
Puji syukur Allah SWT yang telah menganugrahkan nikmat, karunia, serta kesempatan untuk membumikan Al Qur’an di kampus tercinta Universitas Negeri Malang melalui berdirinya UKM Al Qur’an Study Club (ASC).

Alhamdulillah, setelah melalui perjuangan dan ikhtiar yang sangat panjang, UKM ASC yang berdiri pada 12 Agustus 2013 / 17 Ramadhan 1434 H pada tahun ini telah memasuki usianya yang ke – 4. ASC yang dulunya hanya sebuah komunitas kecil yang digeluti oleh para pecinta Al Qur’an, berdasarkan SK Rektor Nomor 530 Tahun 2013 telah diresmikan menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UM sebagai wadah untuk belajar Al Qur’an.

Tahun demi tahun, alhamdulillah atas izin Allah SWT ASC telah mewarnai sejarah kampus UM dengan berbagai torehan prestasi emasnya. Selain itu pengkaderan, pembinaan yang ada di ASC semakin maju dan berkembang. Hal ini tentunya tak lepas dari usaha, do’a, kerja keras, serta sejarah perjuangan para pendiri ASC dan pihak yang turut ikut serta dalam mensyiarkan Al Qur’an di kampus tercinta, terkhusus pendiri ASC Alm. Ustadz Syafaat, M.Ag Al Hafidz yang menjadi sosok pelita Al Qur’an di kampus UM. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat, nikmat, serta keberkahan untuk panjenengan semuanya.

Diantara catatan sejarah prestasi yang telah dicapai ASC adalah Juara Umum MTQ Mahasiswa Nasional 2013 dan 2015, Juara Umum MTQ Mahasiswa Regional 2014, serta jawara di beberapa ajang perlombaan yang diadakan oleh Universitas, RRI, maupun lembaga tertentu yang berhasil disabet oleh Kafilah ASC dari berbagai cabang lomba. Selain itu ASC juga tercatat sebagai pelopor organisasi kampus Se- Indonesia yang bergerak di bidang ke -Alqur’anan, perintis Semaan Al Qur’an Se – Malang raya, serta sebagai rujukan kegiatan yang terkait ke – Alqur’anan di kampus UM.

Slain torehan prestasi emas yang telah dicapai, ASC juga tidak melupakan visi dan misinya yaitu “Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qurani” dengan selalu berusaha istiqomah untuk membumikan Al Qur’an di berbagai penjuru kampus UM. Pada tahun 2016, ASC telah melebarkan sayapnya di kampus 3 UM Blitar dengan berbagai kegiatan ke- Alqur’anan seiring berkembangnya ASC di kampus 2 UM Sawojajar. Kini UKM ASC telah menjadi rujukan dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh civitas akademika UM baik di kampus pusat, kampus 2, maupun kampus 3 Blitar.

Kini, ASC yang sudah memasuki usianya yang ke – 4 berusaha untuk selalu maju, melangkah, tumbuh, dan berkembang mewujudkan visinya “Mencetak Generasi Rabbani Berjiwa Qurani”. Selalu toleransi dan bahu-membahu dalam mewujudkan kampus qurani dengan berazaskan motto “Berdiri di atas dan untuk Semua Golongan”.

Sanah Hilwah UKM ASC yang ke- 4
Semoga semakin berkah, sukses, dan bermanfaat bagi kita semua.

Man jadda Wajada

Malang, 17 Ramadhan 1438 H


  • -

MAMAQ 2017

Category : ACARA

mamaqpaperPAMFLET MAMAQ17 (1)

Assalamu’alaikum..
Salam Qurani untuk seluruh mahasiswa Indonesia

Ada kabar gembira nih buat kalian yang suka nulis Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an

Karena…

UKM ASC Universitas Negeri Malang mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an
Dengan nama…

MAMAQ 2017
— – MAQALAH MADLMUN QURAN – —

Dengan tema: “Mewujudkan Generasi Qur’ani untuk Kejayaan Negeri”

Yukkk buruan daftar…
Dan jadilah Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani

Fasilitas:
1. Semua peserta yang mengumpulkan full paper mendapatkan e-sertifikat peserta
2. 70 karya terbaik mendapatkan e-sertifikat semifinalis nasional
3. 10 tim finalis gratis mengikuti seminar nasional
4. Field Trip “Malang Creativite City”

Penghargaan yang bisa kamu dapat jika menang adalah..
Juara I : Rp 3.000.000,- + Trophy + Trophy Gubernur Jatim + Piagam
Juara 2 : Rp 2.000.000,- + Trophy + Piagam
Juara 3 : Rp 1.000.000,- + Trophy + Piagam
Juara Harapan I : Trophy + Piagam
Juara Harapan II : Trophy + Piagam

Pengiriman Abstrak:
📆 1 Juni s/d 20 Juli 2017
Buku Panduan Penulisan Abstrak dapat didownload di link berikut:

Panduan Penulisan Abstrak MAMAQ 2017

FullPaper:

Panduan Penulisan Fullpaper MAMAQ 2017

More Information
——————————————–
📞 Miftakhul Choirudin P (085812381569)
📞 Nurul Muzdalifah (085746946726)


  • -

Ujian Tahfidz UKM ASC

Category : ACARA

IMG-20170519-WA0016

IMG-20170518-WA0047
Salam Qurany
(14-15/5) Departemen pembinaan bidang Tahfidz UKM Al Quran Study Club telah menyelenggarakan agenda Ujian Tahfidz. Agenda ini merupakan bagain dari program kerja bidang tahfidz yang dilaksanakan setiap semester satu kali. Kali ini agenda ujian tahfidz dilaksanakan selama dua hari yang bertempat di Perpustakaan masjid Al Hikmah. Agenda ini diikuti oleh seluruh anggota ASC yang mengikuti pembinaan tahfidz tiap minggunya serta beberapa khudama ASC. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguji dan mengevaluasi hafalan para anggota pembinaan tahfidz yang telah terlaksana pada periode semester genap tahun 2017. Semoga Allah selalu memberikan hidayah dan rahmat kepada kita semua melalui kalam indah Nya. Aamiin
“Sebaik-baik orang adalah belajar Al quran dan mengamalkannya”
Man jadda wajada