Sukses Menjadi Juara 3 Lomba Syarhil Al-Qur’an Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) “Wadah saya dan tim untuk meningkatkan kualitas diri”: Maizuhra Shafira Nasution, Psikologi 2016

Minggu, 6 Mei 2018 Universitas Negeri Malang kembali berbangga, pasalnya salah satu tim syarhil Al-Qur’an dari UM baru saja menjuarai Olimpiade Qur’an Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mereka adalah Maizuhrah Shafira Nasution, Psikologi 2016. Dedek Handayani Nasution, PGSD 2015. Dan Novia Zulaikha Psikolgi 2016. Olimpiade Qur’an Nasional sendiri merupakan salah satu agenda dalam rangkaian festival ulang tahun Universitas tesebut.

 

Membawakan tema “Peran Pemuda dalam Membangun Revolusi Mental Bangsa dan Negara” tim syarhil ini berhasil menyabet juara 3, mengalahkan tim lain dari berbagai universitas. Rasa syukur tak henti-hentinya terucap, mengingat perjuangan mereka untuk mempersiapkan event ini, dan mengingat kejadian diluar dugaan saat tampil hari H. “Tidak semua kami sampaikan, karena ternyata terkait waktu yang hampir habis padahal materinya masih ada beberapa” tutur fira. Namun meskipun demikian, Alhamdulillah bi barokatil Qur’an , dan berkat kekompakan yang dijalin selama ini, hebatnya tim ini mampu mengubah skenario di atas panggung dan menyesuaikan diri dengan cepat. Sehingga tidak membuat menurunnya kualitas Syarahan mereka.
“Awalnya deg-degan lihat penampilan peserta lain yang luar biasa, tapi ya kita harus ingat tujuan datang kesini..” Ya kalimat itulah yang fira dan tim pegang erat-erat. Tekad dan semangat yang membara dalam mendakwahkan Al-Qur’an yang membawa mereka mengikuti event ini. Sesuai dengan kalimat yang biasa dilontarkan para sesepuh di UKM ASC yaitu “Barangsiapa yang mengurusi Al-Qur’an, maka hidupnya akan di urus yang punya Al-Qur’an”. Mungkin kalimat ini juga dirasa tepat untuk fira dan tim. Berkat niatnya dalam berdakwah, memberikannya begitu banyak pelajaran dan pengalaman berharga di dunia Syarhil Al-Qur’an. Harapannya setelah menjuarai event ini yaitu senantiasa istiqomah dalam meningkatkan kualitas diri serta menjadi inspirasi lainnya untuk terus berpretasi menggaungkan kalam Ilahi.

Penulis: Izzatun Navis
Departemen Syiar

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.