Masa’ul Qiro’ah Pembinaan Tilawah dan Tartil UKM Al-Qur’an Study Club Universitas Negeri Malang

Rasulullah SAW bersabda: “Dikatakan kepada orang yang membaca Al Qur’an: “Bacalah, dan naiklah, serta bacalah dengan tartil (jangan terburu-buru), sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia, sesungguhnya tempatmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca.” (H.R. Abu Daud)

 

Departemen Pembinaan UKM Al-Qur’an Study Club bidang Tilawah dan Tartil kembali menghelat acara Masa’ul Qiro’ah. Parade Qiro’ah oleh Qori’/Qori’ah UM ini diselenggarakan dengan tujuan melatih mental peserta pembinaan tilawah dan tartil untuk tampil di depan umum, sekaligus sebagai evaluasi hasil pembinaan selama satu semester.

Kamis, 19 April 2018. Hujan sore ini tak menghalangi mahasiswa Universitas Negeri Malang untuk turut mengggemakan kalam Ilahi di Shuffah Masjid Al Hikmah. Tepat pukul 16.00 WIB, acara masa’ul qiroah diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an oleh Ustadz Achmad Fauzan. Dan dibuka langsung oleh Ketua Umum UKM Al-Qur’an Study Club, Zainur Ridho Wahyu Ismail. Tak berlama-lama lagi, parade Qori’/Qori’ah berjalan dengan hikmatnya. Enam peserta pembinaan tampil dengan berbagai nagham dan variasinya. Hadirin bersorak takbir di sela-sela penampilan, pun juga pembacaan shalawat bersama di setiap pergantian penampilan membumbuhi kenikmatan siapapun yang ada di dalamnya. Di penghujung acara, pembina tilawah, Ustadz Mochammad Abdul Hafidz memberikan evaluasi kepada seluruh peserta sekaligus berbagi tips bertilawah kepada para hadirin. Acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustadz Irman Ni’ami, dan ba’da maghrib dilanjutkan dengan makan bersama.

Tidak berhenti sampai di sini. Melihat antusias para 

 

punggawa qur’ani, dan respon positif dari Majelis Kehormatan, Sesepuh, sekaligus pembina UKM Al-Quran Study 

 

Club, masa’ul qiroah dilaksanakan kembali pada hari Kamis, 26 April 2018. Masa’ul Qiroah kali ini hadir dengan suasana berbeda, yakni dilaksanakan di aula masjid Al-Hikmah. Tentunya, akan menarik perhatian jama’ah untuk turut menyimak lantunan ayat suci Al-Quran oleh murottil murottilah terbaik Universitas Negeri Malang. Di jam yang sama, masa’ul qiroah pembinaan tartil diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Mochammad Abdul Hafidz, dan dibuka oleh ketua pelaksana. Tujuh peserta tampil secara bergantian. Dan tak kalah semaraknya, sore yang teduh ini juga diselingi dengan penampilan bintang tamu dari Qori’/Qori’ah nasional, sekaligus kafilah MTQMN XV. Mereka adalah Ustadzah Nurul Wildatir Rohmah, Ustadzah Maizuhra Shafira Nasution, dan Ustadz Achmad Fauzan. Dan untuk menyempurnakan, acara ini ditutup dengan evaluasi dan pembacaan doa oleh Ustadz Saiful Hidayat, S.Pd.

 

Sesuai dengan temanya, “Menggemakan kalam Ilahi, mewujudkan generasi Qur’ani”, semoga terefleksi dalam kehidupan sehari-hari. Ketekunan serta semangat menggelora dari sahabat-sahabat Qur’ani untuk membumikan Al-Qur’an di kampus tercinta, akan menjadi tabungan amal di kehidupan akhirat kelak. Allahummarhamna bil Qur’an..

 

 

 

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.