MTQSN ( Musabaqoh Tilawatil Qur’an Siswa Nasional) IV TAHUN 2018

Alhamdulillah Universitas Negeri Malang bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Al Qur’an Study Club kembali telah menyelenggarakan MTQ Siswa Nasional pada tangal 27-29 April 2018 dengan penuh kemeriahan dan semangat Qur’ani. Tema yang berhasil diusung kali ini adalah “Mebumikan Al Qur’an dan Mempererat Ukhuwah Islamiyah untuk Membentuk Generasi Qur’ani Melalui -MTQSN 2018” dengan penuh semangat. Kegiatan kali ini telah dipartisipasi siswa-siswi dari seluruh Indonesia kurang lebih sebanyak 800 peserta dan dilaksanakan di 9 tempat di Universitas Negeri Malang

MTQ Siswa Nasional ini merupakan agenda tahunan yang di selenggarakan oleh Universitas Negeri Malang, dan pada tahun ini terdapat 9 cabang musabaqoh yang diperlombakan, yakni Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Tartil Qur’an (MTrQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqoh Khattil Qur’an (MKQ), Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqoh Karya Tulis Al Qur’an (MKTIQ), Musabaqoh Debat Kandungan Al Qur’an dalam Bahasa Inggris (MDBI), dan Musabaqoh Debat Kandungan Al Qur’an dalam Bahasa Arab (MDBA). Dilaksanakannya kegiatan MTQ Siswa Nasional ini bertujuan sebagai media bagi para siwa-siswi dalam upaya membumikan Al Qur’an di lingkungan sekolah serta sebagai media utuk mencetak kader-kader berjiwa Qur’ani.

Kegiatan MTQ Siswa Nasional Tahun 2018 ini dimulai pada tanggal 27 April dan dibuka dengan berbagai penampilan, diantaranya pembacaan ayat suci Al Qur’an dan penampilan Tari Saman. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan technical meeting yang berlangsung di Gedung Kuliah Bersama Fakultas Ilmu Pendidikan (GKB FIP).

Di hari kedua pada tanggal 28 April, 9 cabang perlombaan musabaqoh resmi di mulai pada pukul 08.00 di 9 venue yang tersebar di seluruh lingkungan kampus Universitas Negeri Malang. Saat menjelang waktu maghrib, 9 cabang pelombaan hari pertama telah usai, dan dilanjutkan dengan kegiatan Lailatul Qiro’ah ba’da maghrib. Lailatul Qiro’ah ini diisi oleh bintang tamu yakni Ustad Mahbub Ainur Rofiq yang merupakan Dosen Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan dimeriahkan oleh Qori’ dan Qori’ah Universitas Negeri Malang. Dalam kegiatan ini diumumkan pula para finalis dari berbagai musabaqoh yang akan tampil di babak selajutnya.

Di hari ketiga, pada tanggal 29 April dilajutkan dengan perlombaan berbagai cabang musabaqoh ditingkat tertinggi dari para finalis. Setelah perlombaan telah usai, akhir dari seluruh acara MTQ Siswa Nasional Tahun 2018 dilakukan penutupan secara meriah dengan pengumuman para juara pemenang  musabaqoh secara serentak di Gedung Kuliah Bersama Fakultas Ilmu Pendidikan. Namun sebelum diumumkan nama-nama para juara, kegiatan ini dimulai dengan beberapa penampilan yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana MTQSN 2018 dan Ustad Yusuf Hanafi selaku pembina UKM ASC. Hingga tibalah waktu pengumuman juara yang telah dinanti-nantikan. Alhamdulillah dengan rasa syukur amat besar dari para pemenang dengan gelar Juara Umum MTQ Siswa Nasional Tahun 2018 diraih oleh PPSQ Asy-Syidzli, dengan perolehan 2 emas dan 2 perak. Pegumuman dilanjutkan  dengan penyerahan hadiah kepada para juara, dan diakhiri dengan doa bersama.

Alhamdulillah, MTQ Siswa Nasional Tahun 2018 telah usai dan berjalan dengan lancar. Semoga dengan diselenggarakanya MTQ Siswa Nasional Tahun 2018 ini, dapat lahir generasi-generasi Qur’ani yang senatiasa istiqomah membumikan Al Qur’an di ligkungannya. Aamiin. Para panitia kegiatan mengucapkan Terimakasih dan Memohon maaf kepada para peserta, para juri dan semua yang telah memberika tenaganya untuk keberlangsungann MTQ Siswa Nasional kali ini. Sekian dan Sampai Jumpa di MTQ Siswa Nasional Tahun 2019!

MTQSN UM