MTQM FIS UM: Wujudkan Harmoni dengan Kalam Ilahi

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (BEM FIS UM) 2018 bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Qur’an Study Club Universitas Negeri Malang (UKM ASC UM) menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (MTQM FIS UM) 2018 bertemakan “Wujudkan Harmoni dengan Kalam Ilahi” yang dilaksanakan pada 21 April 2018 bertempat di Aula Ki Hadjar Dewantara lantai 7 FIS UM diikuti oleh 132 peserta dari berbagai jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial telah terlaksana dengan baik tanpa halangan tertentu.

MTQM FIS UM merupakan kegiatan yang diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, meningkatkan pemahaman dan pengahayatan kandungan Al-Qur’an pada mahasiswa dalam rangka peningkatan keimanan dan ketaqwaan, mengembangkan bakat dan minat mahasiswa, menjalin hubungan silaturahmi diantara civitas akademik FIS UM, menumbuhkan sikap kompetitif diantara mahasiswa FIS UM, menumbuhkan sikap religius di antara civitas akademik FIS UM, dan sebagai upaya membumikan Al-Qur’an di lingkungan kampus Universitas Negeri Malang.

Kegiatan MTQM FIS UM 2018 dihadiri oleh Ahmad Fahmi, S.T, M.T selaku Staf Ahli Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang, Suparman, S.Sos, M.AP selaku Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, serta para tamu undangan. Musabaqah ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an (tilawah) yang dibacakan oleh juara MTQM FIS UM tahun 2017. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UM, dan Mars MTQ. Masuk pada acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Khusnul Khotimah selaku ketua pelaksana MTQM FIS UM 2018, sambutan yang kedua oleh Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, dan yang terakhir adalah sambutan dari Staf Ahli Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang sekaligus membuka acara secara simbolis dengan pemukulan gong.

Musabaqah dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Panitia mulai mengarahkan peserta MTQM FIS UM Tahun 2018 untuk menuju tempat musabaqah masing – masing. Ada 7 cabang yang dimusabaqahkan pada tahun ini, diantaranya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Tartilil Qur’an (MTrQ), Musabaqah Fahmul Qur’an (MFQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), dan Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-qur’an (MKTIA). Musabaqah ini diakhiri tepat pukul 15.20 WIB.

Setelah rangkaian Musabaqah berakhir, para peserta diarahkan kembali menuju Aula Lantai 7 FIS UM untuk mengikuti pengumuman juara. Pengumuman juara (berita aacara) dibacakan oleh M. Alifudin Ikhsan S.Pd selaku Ketua Dewan Hakim MTQM FIS UM. Juara umum MTQM FIS UM tahun ini diraih oleh Jurusan Sejarah dengan total 17 poin. Kegiatan MTQM FIS UM Tahun 2018 ini diakhiri pada pukul 17.00 WIB. Acara penutupan dilaksanakan di Aula Ki Hajar Dewantara lantai 7 FIS UM dengan pembacaan tilawah, pembacaan juara dan diakhiri dengan do’a yang dilantunkan oleh Ustadz Irman Ni’ami selaku Sekretaris Dewan Hakim di MTQM FIS UM sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas kelancaran terselenggaranya kegiatan ini dan penutupan.

writer, Liza Atin Nur Ainiyah

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.