Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) II FMIPA Universitas Negeri Malang

Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu berkata: “Barang siapa yang ingin
mengetahui bahwa dia mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah jika
dia mencintai Al-Qur’an maka sesungguhnya dia mencintai Allah dan Rasulnya

(HR. Baihaqi)

Sabtu, 21 April 2018 merupakan momen spesial bagi punggawa Qur’ani di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM). Pasalnya pada hari tersebut kembali dihelat Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Fakultas MIPA untuk kedua kalinya setelah MTQ perdana FMIPA setahun lalu yaitu 22 April 2017. Selain untuk menumbuhkan jiwa Qur’ani dan menggemakan Al-Qur’an di FMIPA, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) FMIPA juga bertujuan untuk mempersiapkan kafilah Fakultas pada ajang MTQ Universitas Negeri Malang. Meskipun perlombaan hanya ditujukan bagi civitas akademik MIPA UM, namun acara ini juga dihadiri dari teman-teman dari Fakultas lain yang ingin mengetahui pelaksanaan MTQ di FMIPA UM.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) II FMIPA yang merupakan agenda tahunan FMIPA kali ini mengadakan tujuh cabang lomba yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Tartil Al-Qur’an (MTrQ) Putra dan Putri, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 1 juz Putra dan Putri; 2 juz; dan 5 juz, Musabaqah Khat Al-Qur’an (MKQ) cabang kontemporer, Musabaqah Fahmul Qur’an (MFQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), dan Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (MKTIQ).

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) II FMIPA dimulai sejak pukul 08.00 wib yang dibuka dengan khataman Qur’an bersama di Aula FMIPA (O1 lantai 2), dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu M. Khoirul Rifai, Wakil Dekan III FMIPA UM yaitu Dr. Fatchur Rohman, M.Si., serta Wakil Rektor III UM sekaligus membuka acara secara resmi yaitu Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed. Acara pembukaan ini dimeriahkan oleh Grup Banjari Ulul Mustofa UM dan penampilan Juara 1 MSQ MTQ FMIPA 2017. Setelah acara pembukaan selesai, seluruh peserta diarahkan pada masing-masing venue lomba.

Masing-masing lomba dimulai tepat pada pukul 09.30 wib, kecuali Musabaqah Khat Al-Qur’an (MKQ) dan Musabaqah Fahmul Qur’an (MFQ) yang dimulai lebih awal yaitu pukul 07.00 wib. Semua cabang perlombaan berlangsung sengit dibawah kawalan para juri yang ahli di bidangnya, mulai dari yang pertama juri MTQ yaitu Ustadz Ahmad Nafik, S.Pd. dari pembina ASC dan Ustadz M. Rizalul Furqon, M.Pd. dari Pembina PIQ Singosari. Selanjutnya juri MTrQ yaitu Ustadz Ahamd Jaelani dan Ustadz Ahmad Syahrul Munir dari pembina ASC. Juri MHQ yaitu Ustadz Muhammad Rohmanan, Lc.M., Th.I. dari pembina ASC dan Ustadzah Makiyah Madaniyah dari Kafilah MHQ UM. Juri MKQ yaitu ada Ustadzah Vemi Lathifah Hidayah, S.Pd dan Ustadz Alfiyan Arief Mahfudzi dari Kafilah MKQ UM. Juri MFQ yaitu ada Ustadz Moh. Ferry Fauzi, S.Pd., M.Pd.dari Dosen UMM dan Ustadz Irman Ni’ami, S.Pd dari Pembina ASC. Juri MSQ yaitu ada Ustadzah Shovi Maryam dan Ustadzah Mulux Pahlevi Nafik dari Kafilah MSQ UM. Terakhir, juri MKTIQ yaitu Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I. dari dosen Sastra Arab UM, Ustadz M. Alifuddin Ikhsan, S.Pd dari LPTQ Provinsi Jawa Timur, dan Dr. Eny Latifah, M.Si. dari dosen Fisika UM.

Setelah perlombaan usai berlangsung, dilanjutkan dengan acara penutupan. Acara yang paling mendebarkan dan ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta MTQ II FMIPA 2018. Sebelumnya, terdapat penampilan dari Faizul Ismaini dan Laila Zumzumi (Idol UM). Kemudian sambutan dari ketua pelaksana, serta sambutan dari Wakil Dekan III FMIPA UM sekaligus menutup acara secara resmi. Rasa senang dan penasaran menyelimuti detik-detik pengumuman para juara di MTQ II FMIPA 2018, dan pada akhirnya Barakallah Juara Umum MTQ II FMIPA 2018 berhasil dipertahankan oleh Jurusan Matematika. Setelah pengumuman juara, dilanjutkan  dengan penyerahan hadiah, penyerahan cinderamata kepada Juri MTQ II FMIPA 2018, dan diakhiri dengan doa penutup.

Alhamdulillah, MTQ II FMIPA 2018 dapat berlajan dengan sukses dan sesuai dengan rencana. Kesuksesan ini tak luput dari banyaknya bantuan serta arahan dari UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) UM dan kepanitiaan MTQ perdana FMIPA. Semoga Allah senantiasa merahmati. Terakhir, ajang ini bukanlah ajang untuk menunjukkan siapa yang terhebat, namun lebih dari itu semua. Ajang ini merupakan sarana mendakwahkan Al-Qur’an di FMIPA dan menyemaikan Al-Qur’an dijiwa siapa saja. Selamat bagi para pemenang, dan teruslah belajar bagi yang belum berkesempatan menjadi juara. Semoga Al-Qur’an senantiasa menghiasi hati kita semua.

 

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.