LKMO ASC Melatih Para Pemimpin Qurani Mengelola Organisasi

LKMO ASC Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi Al Qur’an Study Club yang diadakan pada tanggal 17-18 Februari 2018 di Gedung A3 Universitas Negeri Malang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih para khudama’ UKM ASC dalam hal manajemen organisasi dan pengelolaan keorganisasian. Dalam LKMO kali ini ada beberapa materi yang didapatkan oleh khudama’, mulai dari Ke-Al Qur’an-an, Administrasi dan Keuangan, Kuadran Kepribadian, Lobbying, Networking and Public Speaking, Manajemen Organisasi serta Leadership. Materi ke-Al Qur’an-an disampaikan oleh Ust. Rijalul Furqon atau yang biasa di sapa dengan ust furqon. Beliau adalah salah satu alumni UKM ASC yang telah berkiprah dalam dunia ke-Al Qur’an-an. Selain itu, para khudama’ juga mendapatkan materi ke-ASC-an dari beliau.

Materi Administrasi dan Keuangan LKMO kali ini disampaikan oleh Bapak Subur Hariono selaku Kasubag Kesma Universitas Negeri Malang.  Seperti pepatah, Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, khudama’ juga berkesempatan mendapatkan ilmu tentang sistem birokrasi di Universitas Negeri Malang dan berbagai hal terkait masa depan ASC serta keuangan UKM ASC.

Materi ketiga membahas tentang kuadran kepribadian yang disampaikan oleh Ustadzah Muslihati, dosen BK Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Dalam materi ini khudama’ dibekali dengan konsep empati dan simpati serta cara menganalisis kepribadian seseorang. Kemudian dilanjutkan materi keempat yaitu Lobbying, Networking and Public Speaking. Materi tersebut dikemas dalam sebuah studi kasus dimana seluruh khudama’ yang hadir langsung mempraktikkan bahasan yang telah disampaikan oleh Ust Alifudin Ikhsan, sesepuh ASC. Mereka dituntut untuk menyelesaikan masalah yang telah diberikan dengan konsep sedemikian rupa, dan harus dilaporkan pada akhir pembahasan.

Dari kegiatan LKMO ini, para khudama’ ASC diharap dapat mengimplementasikan semua materi yang telah disampaikan untuk keberlangsungan UKM ASC ke depan. (NM)

oleh: Nurul Muzdalifah

Sekretaris LKMO 2018

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.