Pengertian dan Jenis-Jenis Kaligrafi Arab (Khat)

Kaligrafi merupakan serapan kata dari bahasa inggris calligraphy yang berarti tulisan indah, kata tersebut diambil dari bahasa yunani callos  yang berarti indah dan graph yang berarti tulisan. Selain kata kaligrafi, di Indonesia juga mengenal kosa kata lain yang sama dengan kaligrafi yaitu khat. Kata tersebut merupakan kosa kata dari bahasa arab. Lebih spesifiknya khat  bukan sekedar tulisan indah, didalamnya terdapat disiplin ilmu yang mempelajari tentang anatomi huruf hijaiyyah, cara merangkai tiap huruf, cara menata tiap kalimat, dan cara memilih huruf. Kaligrafi atau khat merupakan salah satu hasil dari peradapan Islam. Pengaplikasian kaligrafi dapat dijumpai di berbagai dinding-dinding masjid, istana, kramik, dan lain lain sebagai hiasan. Selain itu lebih dalam lagi kaligrafi digunakan juga pada manuskrip/ teks dan mushaf Al-Qur’an sehingga keberadaannya sangat penting bagi Islam.
Terdapat dua jenis kaligrafi arab/ khat yaitu kaligrafi kontemporer dan kaligrafi klasik. Kaligrafi klasik adalah kaligrafi yang taat dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Khat Ri’qah

Khat Diwani

Khat Diwani Jali

Khat Farisi

Khat Kufi

Khat Tsuluts

Sebenarnya dari beberapa contoh diatas masi terdapat beberpa jenis kaligrafi lagi yang dibuat sesuai kaidah namun contoh diatas adalah kaidah yang sering digunakan dan dipelajari di Indonesia. (RY)

Oleh: Riyan Yogo

Mahasiswa Seni & Desain Universitas Negeri Malang & Khattat

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.