Al-Qur’an Study Club Kampus II

Al-Qur’an Study Club Kampus 2 dikoordinatori oleh Feny Agustina Amanda. Koordinator ini dibantu dengan 3 orang pengurus inti yaitu Silvia Aimatur R. sebagai sekretaris, Puji Karimah sebagai Bendahara 1 dan Nur Ela R. sebagai Bendahara 2. Tahun ini bendahara dipegang oleh 2 orang karena satu orang bendahara memegang dana usaha yang dulunya dipegang oleh Departemen Kesejahteraan. Sama halnya dengan ASC Pusat, di Kampus 2 juga memiliki beberapa Detartemen yakni Dept. Kaderisasi, Dept. Pembinaan, dan Dept. Syiar. Departemen Kesejahteraan pada tahun ini tidak dicantumkan karena dana usaha dilakukan oleh bendahara II.

Departemen Kaderisasi dikoordinatori oleh Wasilatul Jannah yang beranggotakan 7 pengurus. Departemen ini memiliki 2 program kerja yaitu Jum’at mubarok dan buka bersama. Jum’at mubarok dilakukan sekali dalam satuminggu tepatnya di hari jum’at saat kaum ikhwan melakukan sholat jum’at. Kegiatan yang dilakukan di jum’at mubarrok ini adalah mengkaji kitab risalatul mahidh bersama ustadzah menik.

Kajian ini hanya bisa diikuti oleh kaum akhwat saja. Sedangkan Buka Bersama dilaksanakan setiap satu bula sekali tepatnya di hari senin atau kamis. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat ukhuwah islamiyah antar pengurus dan angota pembinaan. Selain itu, dalam  kegiatan ini juga dilakukan sharing bersama khudama’ ASC pusat.

Departemen pembinaan dikoordinatori oleh Nur Kholifah yang dibantu 10 orang pengurus. Departemen Pembinaan memiliki 7 proker yaitu pembinaan tahsin, tartilul qur’an, tilawatil qur’an, khat, tahfidz, Open House, dan Yaumul Khat Junior. Lima pembinaan tersebut diaksanakan masing-masing satu kali dalam seminggu. Pembinaan Tahsin dibina oleh Retno Dwi Safitri dan Masluhil Inayah. Pembinaan Tartil dan Tahfidz dibina oleh Al Rizhal Tisma Wahid Maulana. Pembinaan Tilawatil Qur’an dibina oleh Nurul Wildatir Rohma. Sedangkan Pembinaan Khat dibina oleh Alfiyan Arief. Open house akan dilaksanakan sekitar akhir bulan Agustus. Kegiatan OH ini bertujuan untuk mengenalkan beberapa pembinaan ASC yang diadakan di kampus II kepada mahasiswa baru serta semua mahasiswa kampus II. Sedangkan untuk YKJ akan dilaksanakan sekitar pertengahan bulan September.

 

YKJmerupakan suatu lomba kaligrafi yang ditujukan untuk TK, SD, SMP. Pada tahun 2017 YKJ pertama diadakan untuk se-Kota Malang, tetapi untuk tahun ini YKJ akan diadakan untuk TK, SD, SMP se-Malang Raya. Departemen Syiar dikoordinatori oleh Nur Afiyah Rohmayati yang dibantu 10 orang pengurus. Departemen ini memiliki lima program kerja yaitu Sowan, Update madding, Sticker, Update Sosial Media, Silaturahim ASC pusat dan ASC PP3. Sowan dilaksanakan 4 kali dama sat periode. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturrahim kepada dosen KSDP. Update Sosmed ini dilakukan ketika ada beberapa informasi  dan dokumentasi yang perlu dipublikasikan. Untuk pembuatan sticker ini diadakan setiap satu bulan sekali yang kemudian akan dibagikan ke anggota ASC serta mahasiswa yang ada di kampus II.

 

 

Oleh: Nur Kholifah

Mahasiswa Kampus II Universitas Negeri Malang

sahabat qurani

UKM Al-Qur'an Study Club merupakan UKM baru di Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 yang bergerak dalam ranah pembinaan ke-alqur'anan. Namun eksistensi UKM ASC telah mewarnai kampus dengan berbagai prestasi yang gemilang.